9- Etika Bisnis

Etika Bisnis

 Pengertian Bisnis, Tujuan, Fungsi, Jenis, dan Manfaat yang Diperoleh -  Ragam Bola.com

Eyyowwww xxjo. wahhh akhirnya punya nama buat pembaca setia hiihihih. Seperti biasa, aku akan bercerita bagaimana suasan kelas pada mata kuliah Etika Profesi, dan juga resume materi dari materi Etika Profesi. Okeii bagi yang gatau, aku adalah mahasiswa aktif  yang berkuliah di Universitas Jember. Okei,, baca terus ya blog ku tentang etika bisnis ini. Seru kok kelasnyaaaaaa. hihhihihihi.

    Isi resume ku membahas tentang etika bisnis, pentingnya etika bisnis, tujuan etika bisnis, dan lain lain.  Ini adalah resume materi yang sudah kita pelajari selama beberapa waktu di hari Selasa, 18 Oktober 2022. Metode pembelajaran yang diberikan berupa video dan teman - teman sekelas sangat antusias dalam menganalisis masalah etika bisnis. Sayangnya, belum dibuka sesi tanya jawab oleh Prof Slamin. Semoga pembelajaran kali ini dapat bermanfaat pagi kita semua.

Pengertian Etika Bisnis

 Etika Bisnis merupakan etika profesi yang mengatur prinsip etika dan masalah etika dalam lingkungan bisnis yang berlaku untuk semua aspek dalam bisnis mulai dari aspek produksi, distribusi, pemasaran, penjualan dan konsumsi barang dan jasa. Etika Bisnis dapat berasal dari individu, aturan organisasi, ataupun sistem hukum yang ada.

Pentingnya Etika Bisnis

  • Selain mempertaruhkan barang dan uang untuk tujuan keuntungan, bisnis juga mempertaruhkan nama, harga diri, bahkan nasib manusia yang terlibat
  • Bisnis adalah bagian penting dalam masyarakat
  • Bisnis juga membutuhkan etika yang setidaknya mampu memberikan pedoman bagi pihak-pihak yang melakukannya
  • Memahami etika bisnis memberi pelajaran bahwa bisnis yang berhasil tidak hanya bisnis yang mendapat keuntungan semata, melainkan bisnis yang etis dan memelihara hubungan yang baik antar manusia yang terlibat

Kata Kunci Etika Bisnis

  1. Morality 
  2. Behaviour
  3. Trust
  4. Reliability
  5. Responsibility
  6. Principle
  7. Relationship
  8. Choice

 Prinsip Etika Bisnis

  1. Kejujuran
  2. Menghindari konflik
  3. Kepatuhan
  4. Informasi yang relevan
  5. Taat hukum
  6. Memenuhi komitmen 
  7. Tanggung jawab bisnis: dari shareholders ke stakeholders 
  8. Dampak ekonomis dan sosial dari bisnis : menuju inovasi, keadilan dan komunitas dunia Perilaku bisnis: dari hukum yang tersurat ke semangat saling percaya
  9. Sikap menghormati aturan
  10. Dukungan bagi perdagangan multilateral
  11. Sikap hormat (memperhatikan) lingkungan alam
  12. Menghindari operasi-operasi bisnis yang tidak etis

 E- Commerce

Apa itu E-commerce? Berikut Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya - Hot  Liputan6.com

Selanjutnya, e - commerce adalah kemampuan perusahan untuk menyediakan website dinamis pada internet yang dapat digunakan untuk melangsungkan bisnis secara elektronik. Melalui e-commerce, produk dapat di iklankan, dijual dan dibayar secara elektronik. Kelebihannya dalam menyediakan transaksi belanja yang aman melalui internet dan hampir secara instan terverifikasi dan validasi kartu kredit. Secara cost dan jangkauan pasar, e - commerce lebih unggul dari confensional store. Etika dalam e - commerce diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan RI tentang e - commerce yang kemudian dimuat dalam UU Nomor 7 Tahun 2014. Benefit yang didapatkan dari e - commerce diantaranya :
 
  • Akses terhadap pasar global
  • Penjualan tanpa pihak ketiga
  • Dapat berkompetisi antara usaha kecil vs usaha besar
  • Melakukan jual beli kapan saja
  • Mmapu membentuk loyalitas konsumen
  • Mengurangi biaya pemasaran produk konfensional
  • Mendapat informasi detail tentang konsumen
  • Keamanan transaksi, verfikasi otomatis dan keamanan situs
            Masalah yang biasanya terjadi dalam e - commerce contohnya yaitu :
  1. Web Spoofing : Pembuatan situs palsu yang hampir mirip dengan aslinya oleh hacker. Bertujuan menarik konsumen untuk memberikan data penting dan banyak pengguna yang tidak sadar bahwa situs tersebut palsu
  2. Cyber - squatting : Seseorang yang menggunakan nama organisasi terkenal dengan tujuan melanggar trademark. Kemudian memeras pemilik trademark asli dan mematok harga mahal dan menggunakan kata - kata yang merusak citra organisasi
  3. Privacy Invansion : Penyalahgunaan informasi pribadi konsumen dengan membeli informasi individu secara detail, lalu informasi tersebut dicegat oleh pihak yang seharusnya tidak mengetahui dan laware yang disisipkan melalui web yang merekam seluruh aktivitas konsumen pada website yang disimpan.
  4. Onlien Piracy : Pembajakan secara online yang melanggar hak atas kekayaan intelektual seperti e - book, musik dan video
  5. Email Spamming : Menjadikan "pasar" untuk mengiklankan produk secara berkala
 
 




 

 

 

Komentar